• Breaking News

    iklan

    Sabtu, 12 Januari 2013

    Askep Jerawat


    BAB I
    PENDAHULUAN

      1. 1.1 Latar Belakang
    Penampilan seseorang terutama diwakili oleh keadaan kulit wajah. Individu yang mukanya berjerawat, kulit berlubang-lubang, berflek coklat akibat bekas jerawat, akan sulit bersaing dengan rekannya yang wajahnya cerah, meskipun ia mempunyai kelebihan dalam keterampialan jerawat yang merupakan masalah utama pada usia remaja jika tidak ditangani dengan baik akan menyebabkan penyesalan dikemudian hari berapa besar peran wajah berjerawat dalam menghambat kemajuan karir seseorang.

      1. 1.2 Batasan Masalah
    Penulis membatasi masalah tentang “Jerawat” diantaranya sebagai berikut ;
      1. 1. Definisi tentang jerawat
      2. 2. Jenis-jenis Jerawat dan proses timbulnya
      3. 3. Usaha pencegahan Jerawat secara umum
      4. 4. Perawatan makanan lewat makanan
      5. 5. Hubungan jerawat dengan reori “BLOOM”
      1. 1.3 Tujuan

    Tujuan dari makalah ini untuk mengetahui tentang “Jerawat” dan dapat memahami hubungan jerawat dengan teori “BLOOM”



    BAB II
    PEMBAHASAN

      1. 2.1 Definisi
    Jerawat adalah radang kulit yang sering menyerang pada remaja dengan ditandai benjolan pada wajah, dada dan punggung. Ada 4 faktor yang dapat menimbulkan jerawat, antara lain :
      1. a. Adanya sumbatan di pori-pori kulit oleh sebum yang berubah menjadi padat.
      2. b. Peningkatan produksi sebum akibat pengaruh hormonal, kondisi fisik dan pdikologis juga disertai sumbatan di muara kelenjar sebosea, aliran keluar sebum akan terbendung.
      3. c. Peningkatan populasi dan aktivitas propini bakteri acnes karena bakteri ini terdapat dibawah muara kelenjar sebasea dan suka makan lemak sebum.
      4. d. Reaksi radang akibat serbuan sel darah putih kesekitar kelenjar sebasea yang sudah mengalami bendungan dan akhirnya pecah, isi lemak sebum tumpah-ruah kedalam jaringan kulit jangat atau dermis, dan dianggap benda asing sehingga memancing serbuan sel darah putih ke tempat tersebut.

      1. 2.2 Jenis-jenis Jerawat dan Proses Timbulnya
      • a. Komedo
    Stres fisik dan psikis bisa meningkatkan produksi sebum, yang berakibat bisa meeningkatkan populasi bakteri propioni acnes selain itu juga bisa meningkatkan hidrolisis asam lemak menjadi asam lemak jenuh, aliran sebun akan terhambat akibat adanya sumbatan pada pori-pori kulit, diet tinggi lemak juga mempengaruhi terbentuknya sebum yang leih kental, sehingga mudah menjadi padat berwarna putih pucat, dikenal dengan sebutan “komedo tertutup” atau “white head comedo” kemudian menjadi kehitaman disebut “komedo terbuka” atau “blak head comedo”.


      • b. Jerawat radang
    Jerawat radang terjadi akibat kantung folikel yang ada didalam dermis menggembung karena kondisi lemak padat, kemudian pecah. Menyebabkan serbuan sel darah putih kesekitar folikel sebasea sehingga terjadilah reaksi radang.
    Peradangan akan semakin parah jika kuman dari luar ikut masuk ke dalam jerawat akibat perlakuan yang salah seperti dipijat dengan kuku atau benda lain yang tidak steril, jerawat radang memiliki ciri berwarna merah cepat membesar, berisi nanah dan terasa nyeri.
      • c. Jerawat konglongbata
    Jerawat konglongbata adalah jerawat berupa bisul-bisul besar yang bergerombol menjadi satu (konglongmerasi) membentuk danau nanah yang menimbulkan reaksi demam setempat.
    Jenis jerawat ini disebabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan kulit wajah, seperti kebiasaan memijat jerawat dengan kuku jari tangan kotor atau peralatan yang tidak steril, yang bisa menimbulkan bekas jaringan parut yang buruk rupa, kulit bergelombang dan mengeras.
      • d. Jerawat dada dan punggung
    Jerawat bisa timbul di dada dan punggung karena pengaruh sebagai berikut :
      • - Hormon testosteron darah terlalu tinggi, ditandai dengan lengan dan tungkai berbulu.
      • - Mendapat pengobatan testosteron dalam upaya menggemukkan badan dan meningkatkan potensi sexualitas.
      • - Memakai krim anti alergi yang mengandung steroid potent secara berlebihan dan terus menerus dalam waktu yang lama dan luas

    untuk file yang lebih lengkap silahkan download

    1 komentar:

    Fashion

    Beauty

    Travel