• Breaking News

    iklan

    Sabtu, 29 Desember 2012

    Asuhan Keperawatan Ca Tiroid


    untuk Postingan pertama, saya akan berbagi Asuhan Keperawatan Ca Tiroid. mungkin bisa berguna untuk tugas para Perawat- perawat yang masih kuliah. 

    BAB I
    PENDAHULUAN

    A. Anatomi Fisiologi kelenjar Tiroid

    1. Anatomi Tiroid:
    Kelenjar tiroid merupakan kelenjar berwarna merah kecoklatan dan sangat vascular. Terletak di anterior cartilago thyroidea di bawah laring setinggi vertebra cervicalis 5 sampai vertebra thorakalis 1. Kelenjar ini terselubungi lapisan pretracheal dari fascia cervicalis dan terdiri atas 2 lobus, lobus dextra dan sinistra, yang dihubungkan oleh isthmus. Beratnya kira2 25 gr tetapi bervariasi pada tiap individu. Kelenjar tiroid sedikit lebih berat pada wanita terutama saat menstruasi dan hamil. Lobus kelenjar tiroid seperti kerucut. Ujung apikalnya menyimpang ke lateral ke garis oblique pada lamina cartilago thyroidea dan basisnya setinggi cartilago trachea 4-5. Setiap lobus berukutan 5x3x2 cm. Isthmus menghubungkan bagian bawah kedua lobus, walaupun terkadang pada beberapa orang tidak ada. Panjang dan lebarnya kira2 1,25 cm dan biasanya anterior dari cartilgo trachea walaupun terkadang lebih tinggi atau rendah karena kedudukan dan ukurannya berubah.
    Secara embriologi, tahap pembentukan kelenjar tiroid adalah:
    • Kelenjar tiroid mulanya merupakan dua buah tonjolan dari dinding depan bagian tengah farings, yang terbentuk pada usia kelahiran 4 minggu. Tonjolan pertama disebut pharyngeal pouch, yaitu antara arcus brachialis 1 dan 2. Tonjolan kedua pada foramen ceacum, yang berada ventral di bawah cabang farings I.
    • Pada minggu ke-7, tonjolan dari foramen caecum akan menuju pharyngeal pouch melalui saluran yang disebut ductus thyroglossus.
    • Kelenjar tiroid akan mencapai kematangan pada akhir bulan ke-3, dan ductus thyroglossus akan menghilang. Posisi akhir kelenjar tiroid terletak di depan vertebra cervicalis 5, 6, dan 7.
    • Namun pada kelainan klinis, sisa kelenjar tiroid ini juga masih sering ditemukan di pangkal lidah (ductus thyroglossus/lingua thyroid) dan pada bagian leher yang lain.
    Kelenjar tiroid dialiri oleh beberapa arteri:
    1.  A. thyroidea superior (arteri utama).
    2.  A. thyroidea inferior (arteri utama).
    3.  Terkadang masih pula terdapat A. thyroidea ima, cabang langsung dari aorta atau A. anonyma.
    Kelenjar tiroid mempunyai 3 pasang vena utama:
    1.  V. thyroidea superior (bermuara di V. jugularis interna).
    2.  V. thyroidea medialis (bermuara di V. jugularis interna).
    3.  V. thyroidea inferior (bermuara di V. anonyma kiri).
    Aliran limfe terdiri dari 2 jalinan:
    1.  Jalinan kelenjar getah bening intraglandularis
    2.  Jalinan kelenjar getah bening extraglandularis


    untuk melihat dokumen lebih lanjut silahkan Download

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Fashion

    Beauty

    Travel